Agus Priyadi and Mafia.Or.ID

blog all about (brains colocations)

Cacar air atau Varicella Simplex

Posted by mafiaid on 24 August 2007

Errg.. ini nih penyakit aneh yang lagi kualami saat ini, Cacar air atau Varicella Simplex yang penyebab lainnya tak lain dan tidak bukan virus laknat bernama varicella-zoster. Gejala-gejala yang dialami sama persis dengan apa yang dikatakan oleh ID Wikipedia. Akibat dari virus laknat ini Oleh dr. Ratnawati Harijanto MSc. SIP 310701/09.09 aku di istirahatkan selama 5 hari dihitung dari tanggal konsultasi (23 Agustus 2007)

Bermula dari hari senin 20 Agustus 2007 harusnya jam 17:00 sudah pulang kantor tiba-tiba pusing melanda dikepala, badan serasa gak enak, wah.. gejala flue ini. Di perjalanan pulang kerumah minta dimasakin air hangat untuk mandi. Sampai di rumah langsung mandi air hangat makan lalu tidur.

Keesokan harinya kerja seperti biasa walau badan agak pegal-pegal. Mulut lagi sariawan, wah pikir dalam hati ini nih penyebabnya sariawan bikin demam. Pulang dari kantor mampir di klinik 24K slipi buat beli obat Decolgen, Fatigon, Amoxixilin sama obat serbuk sariawan. Tidak lupa minta dimasakin lagi air hangatnya.

Tanggal 22 pagi bangun dari tidur mandi air hangat siap siap ke kantor, eh di dada serasa perih. wah jerawat kali yah. gak ambil pusing langsung berangkat ke kantor pake sweater biru, sampe di kantor bengang bengong. ketemu sisil di kasih serbuk penurun panas dalam. kegiatan seperti biasa saja, gak ambil pusing sama yang namanya penyakit. Nah waktu pulang kerumah gitu buka sweater (yang dikantor dari dateng sampe pulang kagak di buka) mulailah liat hal yang aneh di badan, muncul bentol-bentol kagak jelas. berhubung hari hujan ke dokter di undur besok setelah pamitan dengan pak kumis.

Tanggal 23 Agustus 2007 langsung meluncur ke jalan Green Ville Block C/8E buat nyamperin dokter. Setelah ketemu di vonis lah aku kena penyakit cacar air.

Biaya-biaya yang muncul dari penyakit ini antaralain sebagai berikut

  • Konsultasi Dokter – Gratis
  • Nebus Obat di Apotik – Rp. 85.000,- Terdiri dari Clinovir, Lyncomycin, Bedak, dan Obat Racikan penahan Gatal
  • Parkiran – Rp. 3000, parkir di Green Ville, Rumah Makan Padang Gantino Baru, BCA masing masing Rp. 1000
  • Makan di Rumah Makan Padang – Rp. 8000
  • Beli Dettol Sedang buat mandi – Rp. 8600

Untuk pantangan sih gak boleh keluar karena virus laknat ini sangat menular


Menurut catatan dari ID WIKIPEDIA mengenai cacar air

Cacar air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen.

Masa inkubasi
Waktu terekspos sampai kena penyakit dalam tempo 2 sampai 3 pekan.

Gejala
Pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.
Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.
Lain halnya jika lenting cacar air tersebut dipecahkan. Krusta akan segera terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. kondisi ini memudahkan infeksi bakteri terjadi pada bekas luka garukan tadi. setelah mengering bekas cacar air tadi akan menghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.

Waktu karantina yang disarankan
Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama masa karantina sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikan anda juga selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah- buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.

Pencegahan
Imunisasi tersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Imunisasi ini dianjurkan bagi orang di atas usia 12 tahun yang tidak mempunyai kekebalan.Penyakit ini erat kaitannya dengan kekebalan tubuh.

Pengobatan
Varicella ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat individu tersebut mengalami panurunan daya tahan tubuh. Penyakit varicella dapat diberi penggobatan “Asiklovir” berupa tablet 800 mg per hari setiap 4 jam sekali (dosis orang dewasa, yaitu 12 tahun ke atas) selama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan “PK” sebanyak 1% yang dilarutkan dalam air mandi biasanya juga digunakan.
Setelah masa penyembuhan varicella, dapat dilanjutkan dengan perawatan bekas luka yang ditimbulkan dengan banyak mengkonsumsi air mineral untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat. Konsumsi vitamin C plasebo ataupun yang langsung dari buah-buahan segar seperti juice jambu biji, juice tomat dan anggur. Vitamin E untuk kelembaban kulit bisa didapat dari plasebo, minuman dari lidah buaya, ataupun rumput laut. Penggunaan lotion yang mengandung pelembab ekstra saat luka sudah benar- benar sembuh diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut.

One Response to “Cacar air atau Varicella Simplex”

  1. virlly said

    cacar air?? jauh jauh kalau ada yg kena satu penyakit ini.2 hari dari surabaya saya langsung ke dokter muka krn jerawat saya menjadi meradang dan terasa gatal,tapi ternyata dokter si jakarta skin centre menyatakan kalau saya terkena cacar air!!walhasil saya terbengong selama 5 menit,karena bingung…. jangankan saya,dokternyapun juga bingung setelah tau kalau saya sebelumnya tdk mengalami demam,dan bintik2 merah ini hanya ada dibagian muka kurang lebih selama 5 hari yg lalu dan hanya saya kasih obat jerawat aja…….. alhasil sampai dirumah saya jadi berkaca dan bertanya apakah ini benar2 cacar air???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: